Kamis, 04 April 2013

RANGKA ATAP BAJA RINGAN

Elemen baja ringan

Berbeda dengan baja konvensional,baja ringan merupakan baja mutu tinggi yang memiliki sifat ringan dan tipis,namun memililki fungsi setara baja konvensional. Rangka atap baja ringan diciptakan untuk memudahkan perakitan dan konstruksi.
Meskipun tipis,baja ringan memiliki derajat kekuatan tarik 550 Mpa,sementara baja biasa sekitar 300 Mpa. Kekuatan tarik dan tegangan ini untuk mengompensasi bentuknya yang tipis. Di Indonesia 0,4 mm – 1 mm
Rangka atap baja ringan memiliki beberapa elemen yaitu kuda-kuda,reng,sekrup dan jurai dalam untuk mencegah tampias.
Kuda-kuda merupakan struktur utama dalam konstruksi atap baja ringan. Untuk mendapatkan kuda-kuda yang kokoh,cermati lebar bentangan dan besar beban yang akan diterima,demikian pula dengan derajat kemiringan atap. Ketebalan material baja ringan untuk kuda-kuda dan web berkisar 0,7-1 mm. Sementara untuk reng sekitar 0,4-0,7 mm.
Perhitungan kuda-kuda baja ringan amat berbeda dengan kayu,yakni cenderung lebih rapat. Semakin besar beban yang harus dipikul,jarak kuda-kuda semakin pendek. Misalnya,untuk genteng dengan bobot 75 kg/m2, maka jarak kuda-kuda menjadi 1,2 m. Perhitungan ini pun masih dipengarahui banyk faktor.
Beberapa kelebihan dan kekurangan Baja ringan

Kelebihan
    1. karena bobotnya yang ringan maka dibandingkan kayu, beban yang harus ditanggung oleh struktur dibawahnya lebih rendah.
    2. baja ringan bersifat tidak membesarkan api (non-combustile)
    3. konsumen tidak perlu kuatir masalah rayap
    4. karena sifat materialnya ringan dan mudah dirakit,bila dibandingkan rangka kayu pada luasan yang sama pemasangan kerangka atap baja ringan.
    5. baja ringan nyaris tidak memiliki nilai susut.
Kekurangan
    1. kerangka atap baja ringan tidak bisa diekspos seperti rangka kayu sistem rangka kayu,sistem rangkanya yang berbentuk seperti jaring kurang menarik bila tanpa penutup plafond.
    2. karena strukturnya yang seperti jaring maka bila ada salah satu bagian struktur yang salah hitung ia akan menyeret bagian lainnya.
    3. rangka atap baja ringan tidak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profil. Pada konstruksi atap yang berbentuk bundar akan lebih mudah bila konstruksinya menggunakan rangka kayu.

Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan

Rangka atap baja ringan (Truss) menawarkan alternatif konstruksi atap rumah dengan menggunakan bahan baku baja lapis Zincalume/galvalume (55% Alumunium, 43.5% Zinc dan 1.5% Silikon) atau baja Galvanis yang telah dibentuk menjadi profil-profil batangan dengan ketebalan dan panjang yang dapat dipesan sesuai kebutuhan.
Keunggulan menggunakan Rangka Atap Baja Ringan:
• Lebih mengutamakan struktur dengan sistem plat Buhul di setiap tumpuan sendi (seperti jembatan) lebih kokoh dari kuda-kuda baja lainnya.
• konstruksi stabil dan aman
• Menggunakan tumpuan sendi dan roll
• Prefabrikasi perkomponen
• Tahan terhadap karat, rayap dan perubahan cuaca dan kelembaban
• Bisa dipakai dengan genteng metal maupun keramik atau beton yang berat
• Dirancang stabil terhadap tekuk, puntir serta muai/mulur
• Pemasangan yang profesional dan terlatih hingga cepat pengerjaannya
• Terdapat banyak pilihan jenis kuda-kuda
• Bentang kuda-kuda dapat dipakai Pemilihan bentang: 6 m - 8 m (bentang kecil), 8 m - 10 m (bentang menengah), 10 m - 12 m (bentang besar)
• Dapat pula dipakai bentang kuda-kuda baja ringan Lebih dari 12 m (bentang khusus)
• Tersedia material dengan galvalume/zincalume dan galvanized
Dengan menggunakan rangka atap Baja Ringan untuk keperluan atap rumah anda, dapat melindungi atap rumah anda dari rayap dan karat serta tahan terhadap segala cuaca, serta ikut melestarikan lingkungan kita. Dengan menggunakan Truss, atap rumah anda dapat bertahan hingga puluhan tahun. Dengan rangka atap baja ringan yang lebih tahan lama maka perawatan bangunan jadi lebih murah.
Dengan konstruksi rangka atap baja ringan yang kuat dan benar akan mampu menopang beban yang berada di atas pada atap rumah anda. Dalam pemasangan konstruksi baja ringan untuk atap rumah anda akan dikerjakan oleh orang-orang yang telah berpengalaman di bidang pemasangan rangka atap baja ringan yang dilengkapi dengan perhitungan-perhitungan yang matang untuk setiap sisi pemasangan.

Gambar di atas terlihat konstruksi baja ringan yang disusun kokoh dan sebagian rangka atap rumah yang telah dipasang genteng, baja ringan berfungsi untuk menopang beban di atasnya. Beralihlah ke rangka atap baja ringan sekarang juga.
Rangka atap baja ringan ini telah banyak digunakan karena lebih effisiennya biaya perawatan, dengan keunggulan baja ringan untuk atap rumah yang tahan lama dengan bahan baja ringan tersebut.
Rangka atap baja ringan dipasang dengan sistem konstruksi baja ringan yang stabil dan kokoh dengan keunggulan baja ringan yang tahan terhadap segala cuaca, tidak berkarat, anti rayap, kuat untuk puluhan tahun, atap rumah akan semakin kokoh dengan menggunakan rangka atap baja ringan dan memiliki kelebihan lainnya.
Fungsi Rangka Baja Ringan
Dewasa ini bahan kayu sudah semakin susah, kayu yang mempunyai kualitas bagus sudah jarang ditemukan. Bahan kayu tergantikan oleh rangka baja ringan dan baja konvensional untuk rangka atap rumah atau gedung. Sedangkan untuk kusen rumah tergantikan oleh alumunium dan PVC.
Rangka baja ringan dewasa ini semakin trend dipakai untuk bahan bangunan. Baja ringan dapat dipakai untuk bangunan antara lain:
•  Rangka atap baja ringan
Pemakaian rangka atap baja ringan untuk rumah sudah banyak dipakai. Di perumahan-perumahan real estate saat ini hampir semuannya memakai baja ringan untuk rangka atap rumah yang mereka bangun. Baja ringan yang dipakai biasanya jenis galvanis atau galvalume/zincalume. Pemakain rangka baja ringan ini mempercepat pekerjaan dan kualitas atap jadi lebih bagus Dan atap tahan terhadap rayap dan masih banyak keunggulan lain dari rangka atap baja ringan.
•  Rangka atap pergola
Pemakaian rangka atap baja ringan untuk pergola mempertimbangkan bahwa dengan memakai baja ringan maka perawatan untuk pengecatan jadi berkurang. Sebab baja ringan tahan karat dan tidak perlu dilakukan pengecatan sehingga biaya mantenen jadi hemat/murah.
i•  Rangka partisi dinding
Dahulu untuk rangka partisi orang cenderung memakai rangka hollo atau kayu akan tetapi material ini mempunyai kelemahan antara lain hollo semakin lama dapat berkarat sedangkan kayu dapat termakan oleh rayap.
•  Struktur dinding.
Baru-baru ini rangka baja ringan juga di pakai untuk struktur bangunan baik itu struktur permanen yang dipakai untuk bangunan dua lantai atau struktur bangunan satu lantai. Pemakaian rangka baja ringan untuk struktur banyak dipakai di Aceh untuk program bantuan bangunan penanggulangan korban sunami. Pembangunan rumah rangka baja ringan ini di aceh dilakukan secara massal. Pertimbangan memakai bahan ini adalah pembangunannya cepat selesai sehingga segera dapat dihuni oleh korban sunami.
Dengan beraneka fungsi tersebut rangka baja ringan semakin dicari oleh masyarakat untuk bahan bangunan menggantikan bahan kayu. Dengan memakai baja ringan maka pencanangan pemerintah tentang Go Greend dapat diwujudkan yaitu illegal logging berkurang dan ditemukannya alternative bahan lain yaitu rangka baja ringan.

Struktur Baja Ringan
Struktur baja ringan yang diyakini mempunyai kelebihan dalam hal umur pakai dan kekuatan, memang mempunyai perilaku yang berbeda dibandingkan dengan struktur kuda-kuda kayu. Struktur kuda-kuda kayu mempunyai dimensi yang lebih besar dibandingkan struktur baja ringan, terutama dalam hal ketebalan profil. Struktur baja ringan mempunyai dimensi yang lebih tipis dibanding kuda-kuda kayu, mulai dari ketebalan 0.75 mm hingga ketebalan 1 mm. Rangka baja misalnya dapat kita temukan pada atap baja ringan .

Dengan dimensi yang relatif lebih kecil, tentu saja sistem pemasangan struktur baja ringan berbeda dengan sistem pemasangan kuda-kuda kayu. Struktur baja ringan mempunyai kekuatan tarik yang tinggi tapi bersamaan dengan itu mempunyai kekakuan yang lemah. Oleh karena itu, salah satu faktor utama yang menentukan kekuatan struktur baja ringan adalah batang pangaku, dalam struktur baja ringan biasa disebut dengan istilah BRACING.

Bracing atau pengaku inilah yang digunakan untuk mengantisipasi kekakuan baja ringan yang lemah. Banyak jenis bracing atau pengaku dalam struktur baja ringan, mulai dari pengaku batang bawah, pengaku batang atas, ikatan angin, ataupun pengaku web yang mempunyai fungsi dan penempatan yang berbeda-beda sesuai dengan perhitungan dan beban atap. Mungkin Anda juga mengenal atap baja . Kurang atau tidak diperhitungkannya bracing atau pengaku dalam struktur baja ringan, dapat menimbulkan resiko yang tidak diinginkan, resiko terburuk yang dapat terjadi adalah kegagalan struktur baja ringan hingga mengakibatkan kerobohan atap.

Oleh karena itu, salah satu point yang harus diperhatikan dalam penggunaan struktur baja ringan, misalnya atap baja adalah pengaku atau bracing yang digunakan. Dengan perhitungan yang tepat, struktur baja ringan menjadi solusi terbaik pengganti kuda-kuda kayu. 

STRUKTUR RANGKA ATAP BAJA RINGAN
Bahan Dasar         : Hi Tensile Alloy G550
Ketinggian Truss    : 80 mm
Ketebalan Truss        : 0,75 mm
Ketinggian Batten    : 36 mm
Ketebalan Batten     : 0,5 mm
Panjang per batang    : 6 meter
COATING TERPILIH
Zinc Alume (55%Alumunium, 43,5%Zink, 1,5%Silikon)
Galvanized (98% Zinc, 2% Alumunium)

Koneksi Rangka Kuda -kuda Baja Ringan di Tumpuan
Pada dasarnya rangka kuda-kuda baja ringan harusnya bertumpu langsung pada balok sehingga beban dari struktur atap rumah atau genteng langsung di pikul oleh balok . Akan tetapi karena kondisi yang terjadi di lapangan pemasangan rangka kuda-kuda baja ringan untuk terhubung dengan balok memerlukan koneksi .
Beberapa cara dilakukan oleh fabrikator baja ringan / pemasang baja ringan untuk menghubungkan rangka kuda-kuda baja ringan ini dengan balok melalui antara lain sebagai berikut :
1. Sambungan rangka kuda-kuda dengan L braket . Penyambungan rangka kuda-kuda baja ringan dihubungkan dengan screw. Sedangkan L braket terhubung ke balok memakai dinabolt . Mengenai jumlah screw tergantung dari pembebanan yang dihitung dan hasil dari perhitungan dari engineer.
2. Penyambungan dengan siku dibentuk dari truss yang dibentuk menyerupai L braket . Prinsip penghubung ini sama dengan L braket . Akan tetapi dengan menggunakan bahan ini apabila memakai bahan yang tidak terpakai dari sisa-sisa truss maka bahan dapat lebih murah / hemat . Akan tetapi apabila memakai bahan baru untuk dibentuk L braket maka pemakaian truss untuk bahan ini jadi lebih boros .
3. Koneksi berbentuk huruf U atau V. koneksi ini dipakai pada pemasangan rangka kuda-kuda baja ringan yang berbentuk setengah kuda-kuda atau kuda-kuda baja ringan yang menempel pada dinding vertical. Kuda-kuda baja ringan di klem dengan koneksi ini kemudian di dinabolt ke dinding
Pemasangan L braket ini biasanya dilakukan waterpass terlebih dahulu agar pemasangan baja ringan benar-benar flat dan baik . 
Sambungan Truss Kuda-kuda Baja Ringan
Untuk sambungan pada baja konvensional atau baja berat dipakai sambungan las dan sambungan mur baut . Untuk baja ringan sambungan antara truss satu dengan truss lain di pakai self drilling screw atau screw baja ringan . Pemakaian screw ini disarankan sekali pakai saja sebab apabila dipakai berulang-ulang maka drat dari baja ringan kemungkinan sudah rusak . Screw ini bila dipakai berulang-ulang ketajaman dari mata screw sudah berkurang .
Perkuatan pada sambungan ini sangat penting sebab pada sambungan inilah kekuatan dari struktur atap baja ringan . Apabila ada screw pada sambungan yang kendor maka kekuatan sambungan jadi berkurang . Maka perlu diperhatikan kekuatan sewaktu memasang screw tersebut . jangan sampai berputarnya mata bur pada waktu memasang screw terlalu banyak sebab hal ini bisa membuat screw baja ringan jadi kendor . Sedangkan jumlah baut pada sambungan tidak boleh kurang dari 2 buah atau ditentukan oleh desain engineer struktur baja ringan dan dipengaruhi juga gaya batang dari truss baja ringan tersebut atau beban yang berada diatas kuda-kuda dari rangkaian atap baja ringan tersebut.

Penggantian Atap Kayu dengan Atap Baja Ringan
Sewaktu membeli rumah tersebut tidak menyangka rangka atap dan plafond yang rangkanya berasal dari kayu telah termakan oleh rayap. Begitu mengetahui bahwa kayu rangka atap tersebut di makan rayap maka bapak yoke segera mengganti rangka tersebut dengan rangka atap baja ringan. Proses penggantian rangka atap ini menunggu waktu yang tepat yaitu pada musim kemarau seperti sekarang ini. Dengan memanfaatkan musim kemarau ini diharapkan penggantian atap tidak menemui kendala yang berarti seperti hujan dll.
Dengan membongkar atap yang lama yang terkena rayap diharapkan pengganti atap tersebut tidak terkena rayap lagi maka dipilihlah rangka atap baja ringan zincalum. Pemilihan baja ringan zincalum ini diharapkan baja ringan ini dapat lebih tahan lama dan lebih tahan dengan karat sehinga perawatan dari rangka atap ini tidak perlu berulang-ulang. Jadi sekali bongkar dapat dipakai selamanya.
Salain atap baja ringan rumah tersebut juga diganti rangka plafond yang juga rangkanya dari kayu. Rangka kayu tersebut juga terkena rayap. Untuk rangka plafond dipilihlah rangka hollo dari galvanis dengan harapan lebih tahan lama dan tahan karat.
Dengan proses renovasi tersebut diharapkan rumah tersebut bebas dari rayap, yaitu dengan beberapa penggantian bahan kayu diganti material lain mulai dari atap kayu diganti atap baja ringan, rangka plafond kayu diganti rangka plafond galvanis dan lisplang kayu diganti lisplang GRC. Dengan pemilihan material yang bagus maka diharapkan bangunan tersebut dapat lebih nyaman dan aman untuk ditempati.


 






 

INFORMASI
TRIJAYA MAKMUR
PIN  :  24AC2899


Tidak ada komentar:

Posting Komentar