Rabu, 03 April 2013




Cara Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan

Cara Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan– Fair rasanya jika sebagai Customer/pengguna produk rangka atap baja ringan Anda juga mengetahui bagaimana sebenarnya Aplikator melakukan perhitungan luas yang menjadi dasar perhitungan nilai proyek yang harus konsumen bayarkan.
Cara Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan

Menghitung luas rangka atap baja ringan sebenarnya cukup sederhana, memanfaatkan prinsip matematika dasar trigonometri (bidang segitiga). Luas yang dihitung adalah menggunakan luas permukaan miring. Luas rangka atap baja ringan telah meliputi oversteck (kelebihan lebar atap kanan-kiri depan-belakang sisi bangunan) dan kemiringan atap. dengan cara penghitungannya sbb:
Contoh Perhitungan Dengan Data Berikut:
  • Panjang : 10 m’
  • Lebar     : 10 m’
  • oversteck : 0.60 m’
  • kemiringan atap: 30 derajat (cosinus 30 = 0.8660)
  • bentuk atap limas (jatuh air ke empat sisi) dengan oversteck keliling ( depan, belakang, kanan,kiri )
Menentukan Luas Datar Rangka Atap Baja Ringan:
Luas Datar = (Panjang + oversteck) x (lebar + oversteck)
= (10+0.6+0.6) x (10+0.6+0.6)
= 11.2 x 11.2
= 125.44 m2
Menentukan Luas Miring Rangka Atap Baja Ringan:
Luas Miring = Luas datar / cosinus kemiringan atap
= 125.44 / 0.8660
= 144.85 m2
Maka Luas Rangka atap Baja Ringannya adalah = 144.85 m2
Hasil luas bidang miring inilah yang kemudian dikalikan dengan harga per meter persegi (Rp/m2) untuk mendapatkan nilai proyek pekerjaan konstruksi rangka atap baja ringan tersebut.

Pentingnya Alumunium Foil pada Rangka Atap Baja Ringan

Alumunium Foil pada Rangka Atap Baja Ringan – Sepertinya material ini (selain glasswool, ram kawat dll) hampir menjadi penunjang pokok dalam setiap pekerjaan rangka atap khususnya yang berbahan baja ringan untuk mendapatkan fungsi optimum atap rumah yang tidak hanya kuat tetapi menjadikan rumah nyaman bagi penghuninya.

Fungsi Alumunium Foil pada Rangka Atap

Pada siang hari suhu di dalam bangunan atau rumah sebagai contoh mudah seringkali terasa  lebih panas. Hal ini disebabkan perpindahan panas radiasi dari sinar matahari yang diterima atap kemudian diteruskan ke bawah bagian palfon (langit-langit) rumah. Di bawah terik matahari siang suhu di bagian atap dapat mencapai 70 derajat celcius.
Solusi untuk hal ini, salah satunya adalah penggunaan Aluminium Foil.Metode terbaik untuk memblokir sebagian besar panas adalah dengan memasang foil reflektif  dibawah atap serta dengan memasang ventilasi yang memadai untuk atap.
Fungsi alumunium foil tersebut sebagai Isolasi Atap Bangunan, terbuat dari bahan yang kuat, elastis dan tahan air serta freon. Sehingga aman dan ramah lingkungan. Dan juga membantu menahan dan memantulkan panas sinar matahari masuk ke rumah.
Selain itu Alumunium Foil pada rangka atap juga berfungsi melindungi kebocoran akibat tampias air hujan dan embun, melindungi plafond dari kerusakan / melengkung karena cuaca panas, membuat plafon bersih dan bebas debu, dan praktis karena mudah pemasangannya.
Menurut data, ternyata pada awalnya alumunium foil bukan sebagai penahan panas, aluminium foil lebih banyak dipakai sebagai penahan tampias atau kebocoran atap dari hujan. Tapi, kemudian dikembangkan juga sekaligus sebagai penepis panas. Di sejumlah negara bahan bangunan ini banyak dijadikan pilihan penepis radiasi panas. Salah satunya Australia. Di negeri ini standar bangunan yang layak ditempati adalah yang menggunakan aluminium foil.

Jenis Alumunium Foil pada Rangka Atap

Terdapat dua jenis umum alumunium foil yang sering digunakan pada konstruksi atap, khususnya rangka atap baja ringan, yaitu single side (satu sisi) dan double side (dua sisi). Untuk alumunium foil single side ditandai dengan hanya permukaan atasnya yang mengkilap berlapis alumunium. Sementara yang double side berarti kedua sisinya berlapis alumunium sehingga terlihat mengkilap pada kedua sisi. Keduanya memiliki fungsi yang sama.
Alumunium double side dapat dijadikan sebagai material pendukung tampilan artistik di sejumlah bangunan, misalnya untuk mendapatkan tampilan ruangan dengan atap ekspose. Selain karena kekuatan juga karena kerapihan yang akan terlihat dari bawah. Alumunium foil yang single side juga bisa digunakan tetapi harus berbahan dasar plastik karena lebih kuat dan terlihat rapi.

Harga Alumunium Foil untuk Rangka Atap

Jenis alumunium foil beragam sesuai dengan harga, yang umum digunakan terbuat dari lapisan alumunium foil kertas dan alumunium foil plastik. Harganya tentu saja sebanding dengan kualitas. Yang menggunakan bahan dasar kertas lebih mudah sobek pada saat terinjak sementara yang berbahan dasar plastik, lebih liat dan kuat.
Para aplikator baja ringan sangat menyukai alumunium foil berbahan dasar plastik karena tidak mudah sobek pada saat mengaplikasikannya. Selain itu jika sewaktu-waktu terjadi hujan sementara pemasangan alumunium foil sedang berlangsung tidak khawatir rusak karena air hujan. Bandingkan dengan kertas yang harus cepat-cepat menghindari air agar tidak rusah/obek.
Bicara soal harga alumunium foil untuk rangka atap, banyak ragam penawarannya, setiap daerah juga punya harga yang berbeda. Ada yang ditawarkan dengan harga per gulung, atau per meter materialnya saja. Ada pula yang menawarkan untuk harga terpasang (harga sudah termasuk material alumunium foil+upah pasang).
Seperti halnya yang AtapbajaringanOnline.com tawarkan, harga alumunium terpasang yang kami tawarkan adalah 20.000/m2 untuk single side dan 25.000/m2 untuk alumunium double side.

INFORMASI

klik disini untuk chat dengan kami

TRIJAYA MAKMUR

PIN  :  24AC2899




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar